Peduli Hewan Langka, Kapolres Poso Serahkan Tarsius ke BKSDA Sulteng

1077
KAPOLRES Poso AKBP Bogiek Sugiyarto (paling kanan) menyerahkan satu ekor Tarsius kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Sulawesi Tengah (tengah), Selasa (4/7/2017). FOTO: HMS

SultengTerkini.Com, POSO– Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap hewan langka, Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto menyerahkan satu ekor Tarsius kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (4/7/2017).

Satwa endemik unik dan langka tersebut didapat dari warga Poso yang menyerahkan sendiri kepada kapolres setempat.

Setelah itu Kapolres Poso menyerahkan kepada Bonifasius selaku Petugas BKSDA Wilayah Sulteng untuk dilindungi dan diamankan serta dikembalikan ke habitat aslinya.

Menurut data dari BKSDA, populasi satwa langka Tarsius, primata terkecil di dunia yang hidup di hutan-hutan Sulteng saat ini sekitar 500 ekor saja.

“Kami berterima kasih sekali kepada masyarakat yang sudah mau menyerahkan satwa langka tersebut kepada pihak kepolisian dan selanjutnya kami serahkan kepada pihak BKSDA Sulteng,” kata mantan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Banggai itu.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang mengetahui, melihat, atau mempunyai satwa dilindungi agar segera melaporkan kepada BKSDA, sehingga bisa dievakuasi dan melepasliarkan ke habitat asli dari satwa itu.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya penyerahan satwa langka secara sukarela oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa sudah ada tumbuhnya  kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa di habitat aslinya,” tutur orang pertama di Polres Poso itu. */CAL

Silakan komentar disini...
loading...