Rumah Pintar Kemala Sapovali Majukan Pendidikan Anak di Desa

1193
PENGURUS Daerah Bhayangkari Sulawesi Tengah menggelar syukuran Hari Jadi Rumah Pintar Kemala Sapovali ke 3 di Desa Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Senin (3/7/2017). FOTO: HMS

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar syukuran Hari Jadi Rumah Pintar Kemala Sapovali ke 3 di Desa Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Senin (3/7/2017).

Kegiatan itu dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng, Luly Rudy Sufahriadi, Wakil Ketua, Utami Aris Purnomo beserta PD Bhayangkari Sulteng lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng, Luly Rudy Sufahriadi menjelaskan sejarah singkat berdirinya Rumah Pintar Kemala Sapovali.

Ia mengatakan, pendirian rumah pintar itu dilatarbelakangi niat yang tulus dalam memajukan pendidikan non formal anak bangsa, tepatnya di desa terpencil yang masih membutuhkan taman bacaan disamping buku pelajaran di sekolah.

Selain itu, tempat bermain sambil belajar masyarakat juga masih sangat minim yang mempunyai alat teknologi seperti komputer.

Belum lagi masih adanya warga yang buta huruf karena ketidakberdayaan ekonomi keluarga mengakibatkan tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah formal.

Selain itu juga kata Luly, pendirian rumah pintar tersebut ikut menyukseskan program pemerintah wajib belajar 9 tahun dan ikut menggalakkan program Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dalam mendirikan taman bacaan di desa terpencil.

Rumah Pintar Kemala Sapovali diambil dari kata “Kemala” yaitu batu indah dan bercahaya, kemudian Sapovali yaitu tempat singgah untuk belajar dan bermain yang diambil dari bahasa daerah setempat yaitu Suku Kaili.

Seiring berjalannya waktu, dengan proses yang panjang, akhirnya Rumah Pintar Kemala Sapovali diresmikan pada 26 Juni 2014 oleh Puteri Aridono Sukmanto selaku Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng.

Saat itu disaksikan oleh Kapolda Sulteng Brigjen Pol Aridono Sukmanto selaku Pembina Bhayangkari Daerah Sulteng dan dihadiri oleh Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng, Karo SDM Polda Sulteng, Kapolres Donggala, Danramil Sindue, Kapolsek Sindue, Camat Sindue, Ketua PGRI, KUPTD, Kepala Desa Toaya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, kepala sekolah TK, SD, SMP dan SMA di Desa Toaya dan seluruh Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng.

“Sebenarnya acara HUT Rumah Pintar Kemala Sapovali yang ke 3 ini dijadwalkan tanggal 26 Juni 2017 kemarin. Berhubung masih suasana lebaran, jadi hari ini baru bisa dilaksanakan,” ujar orang pertama di PD Bhayangkari Sulteng itu.

Ia berharap kedepan Rumah Pintar Kemala Sapovali bermanfaat bagi warga Sindue dan sekitarnya, dan juga bisa menciptakan anak-anak yang bisa diunggulkan dan bisa bersaing dengan lulusan taman baca lainnya.

“Saya berharap kedepan rumah pintar ini bisa berkembang lebih baik lagi, menambah wawasan anak-anak dilingkungan sekitarnya dan ikut membantu mencerdaskan anak-anak, khususnya di lingkungan Sulawesi Tengah, sehingga menjadikan anak-anak yang cerdas, harapan bangsa dan negara,” katanya.

Perayaan HUT Rumah Pintar itu juga dihadiri oleh Kapolres Donggala AKBP Arie Ardian Rishadi, para guru, dan anak-anak di sekitar rumah pintar. */CAL

Silakan komentar disini...
loading...